Kisah Chris Moneymaker yang naik ke standar adalah kisah yang telah diceritakan berkali-kali, tetapi kisah yang selalu layak diulangi. Pada tahun 2003, Chris memenangkan satelit $ 86 di PokerStars. Ini memberi saya satelit yang lebih besar, yang memiliki paket Acara Utama World Series untuk diperebutkan, dan segera ia berangkat ke Las Vegas untuk memainkan turnamen live pertamanya. Sisanya adalah sejarah. Melawan segala rintangan, Chris berhasil sampai ke meja final dan melanjutkan untuk mengklaim gelang emas, hadiah uang sebesar $ 2.500.000 dan bintang semalam. Poker tidak akan pernah sama lagi.

Berasal dari Atlanta, Chris menghabiskan tahun-tahun formatifnya di Tennessee, lulus dari universitas negeri dengan gelar master di bidang akuntansi sebelum melanjutkan untuk bekerja di industri. Saat itu, poker online sedikit lebih dari hobi. Tapi dia ingin menjadi pemain poker profesional.

Keberhasilan Main Event-nya memicu gelombang pasang minat dalam poker, sebuah fenomena yang dijuluki ‘Efek Penghasil Uang’. Terinspirasi oleh kisah bagaimana amatir berhasil mengalahkan ratusan pemain kelas dunia dan hadiah uang tunai yang besar, jutaan orang mulai bermain online dan di ruang kartu di seluruh dunia. Bagi Chris sendiri, menjadi orang yang bertanggung jawab untuk menendang revolusi poker adalah gelar yang lebih dari sekadar hidup sampai saat itu. Kurang dari setahun setelah Acara Utama, Chris berada di urutan ke-2 di turnamen WPT Bay 101 Shooting Stars, menguangkan $ 200.000. Pada tahun yang sama, ia juga nyaris membuat meja final World Series keduanya ketika ia berada di urutan ke-10 dalam acara Pot Limit Omaha senilai $ 5.000. Chris juga merupakan wajah reguler di acara-acara PokerStars European Poker Tour (EPT) dan mendapati sukses di sana, menghasilkan $ 24.480 untuk posisi ke-17 di EPT London pada 2007. Pada September 2008, Chris membuat meja final $ 10.300 Tanpa Batas. Adakan acara mereka di Kejuaraan Poker Online Dunia (WCOOP) PokerStars, dengan nilai $ 139.635. Dia kemudian nyaris mendekati gelar mayor kedua lagi, kali ini dengan finish runner-up di National Heads-Up Poker Championship pada Maret 2011, bagus untuk $ 300.000.

Ketika dia tidak sibuk berkeliling dunia di sirkuit poker, Chris menghabiskan sebagian besar waktu luangnya bersama keluarga. Dia juga memiliki berbagai kepentingan bisnis dan menerbitkan otobiografinya pada tahun 2005. Ketika mendapat kesempatan, Chris suka bermain berbagai olahraga, terutama golf, sepak bola, dan bola basket.

Terlepas dari apa yang Chris capai di masa depan, ia akan selalu diingat untuk kemenangan epik itu pada tahun 2003. Ini adalah warisan yang jelas ia banggakan dan yang memberinya jenis kehidupan yang diinginkan semua pemain poker sejak saat itu.